Petani Sawit akan Mendapat Bantuan Dana Replanting

Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pertanian berencana menyalurkan bantuanuntuk peremajaan kelapa sawit (replanting) pada 2019 mendatang. Kepala Dinas Pertanian Aceh Jaya Teuku Mufizar didampingi Rahmat Ramadhan, Kabid Perkebunan mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan sosialisasi terkait bantuan tersebut kepada para petani.

“Saat ini, kita juga sudah menerima dua proposal pengajuan bantuan tersebut dari para petani Aceh Jaya. Untuk tahun ini kita target bahan pengajuan untuk replanting sampai kepada pemerintah pusat, Insha Allah tahun depan sudah bisa direalisasi kepada para petani,” sebutnya.

Bantuan ini juga akan diberikan langsung kepada para petani penerima bantuan dalam bentuk uang tunai sebesar Rp 25 juta per hektare. “Bantuan tersebut akan langsung dikirim ke rekening kelompok tani yang menerima bantuan, jadi langsung diberikan kepada masyarakat,” ungkapnya.

Aceh Jaya direncanakan akan melakukan peremajaan tanaman sawit dengan target 2.670 hektare. “Program ini, tidak boleh diberikan kepada kebun yang dinaungi oleh perusahaan, karena ini dikhususnya kepada masyarakat, dimana per KK nya diberikan maksimal 4 hektare,” ujarnya.(c52)