Bupati Jadi Narasumber Sosialisasi Peremajaan Sawit

Jakarta - Bupati Tanjung Jabung Barat Dr. Ir. H. Safrial MS membuka secara resmi sekaligus jadi narasumber sosialisasi peremajaan perkebunan kelapa sawit yang diselenggarakan Dinas Perkebunan dan Peternakan di Tungkal Hotel, Rabu (29/8).

Kegiatan sosialisasi yang digelar oleh Dinas Perkebunan bekerjasama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) ini ditujukan bagi para pelaku usaha perkebunan sawit khususnya daerah Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Selain Bupati, sebagai narasumber yaitu Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Ir. H. Agusrizal MM dan Kepala Bidang Pengembangan dan Penyuluhan Dinas Perkebunan Provinsi Jambi Panca Pria S.P.

Sedangkan peserta sosialisasi sebanyak 80 orang dari Dinas Perkebunan Jambi, Dinas Perkebunan dan Peternakan, Kecamatan, dan Desa lingkup Tanjung Jabung Barat.

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, Kabupaten Tanjung Jabung Barat memiliki potensi perkebunan yang merupakan aset dan modal dasar pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan luas mencapai 145.154 Ha, sektor perkebunan menjadi andalan Tanjung Jabung Barat dalam mengembangkan perekonomian.

Bupati menjelaskan, saat ini tercatat ada lebih kurang 11.302 Ha tanaman kelapa sawit swadaya yang harus diremajakan demi mengurangi dampak negatif terhadap perekonomian di Tanjung Jabung Barat.

Menurut Bupati, Pemerintah telah memberikan solusi terhadap masalah peremajaan sawit dengan pemanfaatan dana bagi hasil pajak CPO melalui BPDP-KS dengan ketetapan keputusan Presiden sebesar 25 juta/Ha.

Bupati berharap kepada instansi terkait untuk mengambil langkah-langkah yang diperlukan guna mendukung kelancaran dan keberhasilan peremajaan kelapa sawit di Tanjung Jabung Barat.

Bupati menambahkan, selain peremajaan perkebunan kelapa sawit, perlu juga diperhatikan pemberdayaan masyarakat selama proses peremajaan tanaman sawit yang lebih kurang mencapai 3 Tahun.

Turut menghadiri pembukaan sosialisasi, Sekretaris Daerah, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjung Jabung Barat, Camat, perwakilan Perbankan, KUD, dan pekebun sawit.